Tuesday 19 November 2019

Jalan-Jalan ke Pulau Madura I

Pulau Madura terletak di Propinsi Jawa Timur, untuk sampai ke pulau tersebut sekarang sudah terhubung oleh jembatan Suramadu. Kali ini saya akan berkunjung ke salah satu kabupaten di Pulau Madura, yaitu Kabupaten Bangkalan. Berhubung agak mendadak dan tanpa rencana maka yang saya tuju adalah Masjid Agung Bangkalan, acak saja searching di google map.


Untuk sampai ke Bangkalan, dari Jembatan Suramadu dapat ditempuh kurang lebih 30 menit berjarak 24 km. Jalan utama aspal halus, cukup lebar dan lengang, tidak seperti jalanan utama di daerah-daerah pulau jawa yang ramai penuh kendaraan. 

 
Jalanan menuju Bangkalan dari Jembatan Suramadu

Masjid Agung Bangkalan terletak di pusat kota Bangkalan, termasuk masjid tertua di kota ini (silahkan browsing di internet). Di depan masjid terdapat alun-alun cukup luas yang disekelilingnya banyak pepohonan rimbun sehingga enak untuk sekedar istirahat. Masjid Agung Bangkalan memiliki tiang penyangga sebamyak 16 buah, 2 menara, serambi luas, bedug besar dan fasilitas toilet.

Ruang Utama Masjid

Bedug Masjid Agung

Serambi luas

Salah satu menara masjid

Tidak banyak yang saya tulis untuk Masjid Agung ini, karena mampirnya cuma sebentar hehehe waktu terbatas banget soalnya, ga sempat nanya-nanya. Yang penting Sholat Dhuhur.... kemudian ke tempat lain di kota ini. (bersambung)


No comments:

Post a Comment