Tuesday 1 November 2016

Merangkai Extramic Radio Komunikasi dengan Mixer

Ngebrik agar modulasi terdengar enak telah banyak orang lakukan, ada yang menggunakan aksesoris tambahan reverb rakitan maupun pabrikan dan ada juga yang menggunakan mixer. Dulu rame-rame nya menggunakan reverb rakitan, kit reverb laris manis, namun lama-lama beralih ke mixer yang lebih praktis dan lengkap. Kalau dihitung-hitung harga, jatuhnya lebih murah membeli mixer daripada merakit reverb karena selain praktis, suara yang dihasilkan lebih jernih selain itu kalau bosan, dijual kembali lebih mudah mixer daripada reverb rakitan.

Sebenarnya saya belum kepingin ngebrik menggunakan aksesoris tambahan mixer, namun karena seorang teman butuh duit dan menawarkan mixer kepada saya, akhirnya ikut-ikutan pakai mixer. 

mixer yang saya pakai untuk ngebrik
Sebelum menggunakan mixer, saya ngebrik tidak pakai aksesoris tambahan, alias langsung pakai extramic asli bawaan radio, sehingga harus merangkai dari mic dinamic - PTT - mixer - radio. Perlu corat-coret dikertas dulu sebelum melaksanakan hajat ini, namun terlebih dahulu buka-buka manual booknya mixer yang akan kita pakai.

 
sumber: manual book mixer behringer

 Mungkin bagi yang awam perlu mengetahui jalur-jalur input output dari mixer, namun bagi yang dah terbiasa memakai mixer hal ini tidak perlu.

sumber: manual book mixer behringer

Yang harus diketahui sebelum menyolder jack dengan kabel, adalah letak jalur minus, jalur plus dan jalur ground agar serabut kabel sesuai peruntukannya, hal ini akan mempengaruhi kualitas sound nantinya.  

kira kira skema nya seperti ini
Setelah gambar skema nya jadi barulah hidupkan soldir, potong memotong kabel dan rangkai-merangkai dan dalam sekejap.... jadilah rangkaiannya, kemudian di tes, tancapkan ke lobang-lobang jack nya.. ke radio dan ke mixer, lalu hidupkan radio dan mixer, pencet PTT dan test...test.. apa bisa diroger... ntrothott...thooooooott,..... mantab modulasinya mantab ecco ruangnya. 

Sebenarnya dalam pembelian dari teman saya sudah terangkai mic dinamic nya, malah ada tambahan big bassnya, namun karena saya tidak begitu suka suara bass, rangkaian bawaan tersebut saya bungkus saja dan saya simpan siapa tau ada teman yang membutuhkan nanti. Karena terkadang kalau terlalu tebal suara bassnya malah modulasi tidak begitu jelas di terima lawan bicara apalagi lawan bicara berada di tempat yang tingkat kebisingannya tinggi.

Ngebrik pakai aksesoris mixer
Demikianlah saudara-saudara pembaca yang budiman, hajat saya telah selesai dilaksanakan wkwkwk.. rangkai-merangkai extramic dengan mixer, mudah-mudahan bermanfaat.


12 comments:

  1. Saat memasang mixer ke TM 281 modulasi yg dihasilkan sangat kecil kalah dengan nois padahal jika input mic dari rig saya pasang ke hp dan saya putar musik, modulasi normal. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  2. mungkin penyambungannya belum benar, kita harus mengetahui juga pin/kaki di soket mixer nya, kemungkinan kebalik juga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih. ternyata memangt ada masalah denganb pin/ cobector. Iya engapa ya saat ptt extramic di pencet terdapat bunyi ter/ kurang bisa clear. hal ini terjadi ketika saya menggunakan reverb (aksesoris. kebetulan saya memakai mic condensor

      Delete
  3. Selamat malam, terima kasih untuk tutorialnya yang sangat mantap,,, mohon pencerahannya juga,,,

    Apakah bisa apabila mixer (aksesories) tersebut diganti dengan komputer dengan menggunakan aplikasi (software) yang sesuai? Apabila bisa maka mohon petunjuknya...

    sekali lagi, terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  4. Maaf pemula dan pingin nyoba...bagaimanakah rangkaian utk pasang mixer ke alinco dr138?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas minta skemanya untuk alinco dr 135 ya, terimakasih debelumnya

      Delete
  5. Boss minta skema nya dong buat micom ht dj196 yg pkai bass trbel sbelumny sy ucpkn trimakasih

    ReplyDelete
  6. Mas bro... Kalau untuk ht intiintinya gron mic sama gron sepeker dipasang ptt gitu ya?

    ReplyDelete
  7. Kalau pakai rig 2200H gmm input micke mixer ny mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  8. Output dari mixer untuk masuk ke radio jenis icom 2200H gmm ya mas

    ReplyDelete