Saturday 12 January 2013

Modifikasi Echo Reverb

Kalo dulu saya pernah nulis Merakit Echo Reverb untuk Ngebrik atau pasnya bukan merakit namun menampilkan hasil rakitan reverb dan tone control untuk mempercantik modulasi suara di radio komunikasi saya, Pada waktu itu di komunitas saya ngebrik baru 2 orang yang menggunakan reverb, tapi sekerang udah semuanya pakai. 
Bosen mendengar efek HALL yang dihasilkan reverb standar, temen-temen ngebrik saya mulai gatal tuh tangan menggaruk-garuk reverb. Ada yang ditambahin dari satu rangkaian beli seperti dibawah ini

di Muntilan Kit Reverb seperti ini harganya 85 - 90 ribu rupiah

ditambah menjadi 2 rangkaian di paralel, ada juga yang membuat sendiri pakai PCB kosong di gambar sendiri trus untuk IC PT2399 nya di bikin 15 biji, HALLnya memang lebih mantab.

Tetapi ada juga yang hanya mengganti nilai beberapa resistor tertentu di sekitar IC reverb



seperti note pada gambar, temen-temen mencoba mengganti resistor pada Kit Reverb yang bernilai 10 ohm diganti dengan nilai tertentu agar mendapatkan hasil Hall yang diinginkan, seperti efeknya jadi panjaaaaaaaaang, bisa trott thoooooooooooooooooooooooooooooooott..... sampai panjang banget. Aku pernah juga ikut-ikutan tapi saya ganti dengan resistor bernilai 1 K, semua yang bernilai 10K saya ganti 1K semua, hasilnya...?? malah efeknya ilang sama sekali....hehehehe, tau gagal aku balikkin lagi deh ke aslinnya.

Bagi yang penasaran coba deh dimodifikasi, itung-itung ikut ngrusak ciptaan orang, ehh.... ikut manasin soldier getooooh....



35 comments:

  1. salam kenal mas bro..
    aku bisa pesen ecko reverbnya gªk?
    ∂i karawang susah nyarinya jie...
    bisa dikirim via tiki gªk?
    suwun.

    ReplyDelete
  2. lam kenal balik mas bro, masa di sana ga ada mas?? di bandung banyak tuh malah lebih murah, di toko elektronik di magelang rata-rata 90 - 100 rb mas.

    ReplyDelete
  3. oke mas bro...
    †ђąηk ўσυ infonya.
    tapi aku jarang ke bandung.
    dikarawang toko elektroniknya kecil2.
    jdi jarang yg jual kit2an.

    ReplyDelete
  4. di karawang di pake buat ngebrik atau soundsystem masbro??

    ReplyDelete
  5. di tulungagung cuman 75k... 6 tingkat IC

    ReplyDelete
  6. wah murah juga tu di Tulungagung, di Magelang ya segitu mas..kisaran 85 - 100ribu, itupun laris manis.

    ReplyDelete
  7. mau tanya2 cara bikinnya mas, bisa minta nmr kontaknya ga?

    ReplyDelete
  8. bgusan mana suaranya antara ic ht 8970dgn pt 2399

    ReplyDelete
  9. kurang tau ya mas, mungkin lebih bagus yang 8970, karena pt2399 ini kan harga lebih murah, setahu saya sih

    ReplyDelete
  10. Mohon bantuany kang??? reverb 5ic hall efek ku motot q pegang r330 yg menuju ke ic panas sekali. Kira" kerusakan dimna ya. Mohon pncerahany.. N makasih. Slm knal q wanto jatim.

    ReplyDelete
  11. Check zener nya mas brot bisa short , kalo gak salah 1 IC nya juga short jadi matot dah

    ReplyDelete
  12. Mas... saya ndak ngerti ngrakir-merakitnya mas... taunya jadi aja... hahha... kalau misalnya pesen yang sudah jd berapaan ya mas? Bisa tolong infokan d obelick@gmail.com

    ReplyDelete
  13. minta tlng mas brow..untk resistor yang 10k di ganti berapa ya? biar bs srooooong pnjng

    ReplyDelete
  14. Atau yang bagusnya ganti dengan 50 K ohm

    ReplyDelete
  15. Maaf ni saya mau taya;; kenapa ya echo ic5 saya waktu saya putar potnya smua full ada suara krecek n desis.. .?

    ReplyDelete
  16. Gmn biar reverb nya bisa ada sessss...nya mas..mksh

    ReplyDelete
  17. Gmn biar reverb nya bisa ada sessss...nya mas..mksh

    ReplyDelete
  18. yang di ganti r yg mana pak?

    ReplyDelete
  19. Ganti dgn trimpot 20k aj mas Yg ada kode R saja jgn semua. Rasakan panjangnya hehe

    ReplyDelete
  20. Lepas beberapa kapasitornya kalo pingin dpt suara bedecis cess cess seperti effeck vocal merek alesis...

    ReplyDelete
  21. capasitor yg nilai berap om yg dilepas, trus r 10k nya diganti yg brapa ohm?

    ReplyDelete
  22. Sya cri di daerah sya hususnya Madura susah gan beli di buka lapak aku belum paham

    ReplyDelete
  23. Ikutan nyimak sob..
    supaya cesss...panjang yang diganti apa nya sob.
    Tolong bantuannya
    Makasih..

    ReplyDelete
  24. kenapa ton kontrol saya tiba tiba efek echo reverbnya hilang

    ReplyDelete
  25. Utk setting trimpot nya gmna ya kang?punya saya yg 3 potnsio.. yg potnsio gain seakan2 kayak jadi volume.
    Sya blm setting trimpot nya..blm faham...maaf pemula.
    Mksih yg udah jawab..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang 560p ganti 221p lebih nyess.
      Set vr sesuIkan keinginan hall nya

      Delete
  26. saya pakai merk D..K 5 ic tiga VR (volume, gain, repeat) efek ruangnya over, ketika trimpot saya set minim semua efeknya jadi ngerobot. mohon pencerahannya biar gak ngerobot

    ReplyDelete
  27. Mas uku aka, ?reverb 5ic cara ngilangin suara desis gimana, pin no 16 tk sentuh pk pinset ada pantulannya. Sedangkan input tak sentuh kog gk reaksi ya? Penguat mic 4558 aq lepas utk memastikan mana yg desis. Trnyata reverb nya,, minta di balas mas.

    ReplyDelete
  28. Di kalimantan kapuas hulu 350 rb. Weleh wheleeeeh

    ReplyDelete
  29. Mau tanya bang gimana klw eho riveb 3potensio.bergetar klw di cililin ke ec ny

    ReplyDelete