Monday 21 January 2019

Mengatasi Kick Starter Tidak Bisa di Slah Pada Motor Matic

Beberapa waktu yang lalu, anak saya pulang sekolah jalan kaki, katanya motornya tidak bisa di slah, aki juga tekor sehigga motornya ditinggal di penitipan sepeda motor. Waduh kerjaan ni... pikirku, dan motorpun aku bawa pulang dengan di dorong, sesampainya dirumah lalu di cek, dan ternyata benar kick starter / slah benar-benar keras tidak mau di genjot/slah, sementara electrik starter jg tidak mau ngehidupkan motor. 

Kick starter  motor Beat tidak bisa di slah sama sekali
 Ada ketakutan juga klo sampai piston yang macet soalnya mesin cepat sekali panas (sehari sebelumnya), hehehe maklum belum pernah punya motor matic beli second, jadi terbayang pengalaman waktu muda dulu waktu makai motor "Macan" pernah kena pistonnya. 
Dengan modal nekat, dengan naluri nekat pertama- tama cek pengapiannya (mungkin ini prosedur standart servis utk motor yang macet/tidak mau hidup). Tapi... untuk morot Beat ternyata susah banget untuk melepaskan busi, letaknya waaahhh "Nylempiiiit sekali". Hasil cek pengapian ternyata busi masih memercikkan api, berarti tidak ada masalah dengan pengapian.


Tempat gigi pinion pada motor Beat
Lanjut pemeriksaan kedua, periksa kondisi kick starter dengan membuka penutup belt di samping kiri, perlu kunci T atau kunci shock ukuran 10, bautnya lumayan banyak yang harus dilepas. Setelah bisa dilepas, ternyata gigi pada pinion patah dan nyangkut di roda gigi slah/bandul atau apalah namanya yang bentuknya setengah lingkaran. 


Penampakan Pinio motor Beat yang patah giginya
Lama juga aku memandangi si pinion, di reka-reka gimana caranya tetap bisa digunakan tanpa harus membeli sparepart baru, ku coba-coba masukkan pinion ke tempat semula, ku putar-putar, kucoba geser bagian yg patah berada membelakangi roda gigi slah, dan ternyata bisa berputar. Oiya kick starter motor kan pinion hanya berputar tidak sampai setengah lingkaran? sehingga kalau gigi nya patah satu masih bisa digunakan dengan cara gigi pinion yang patah membelakangi roda gigi slah/bandul sehingga gigi pinion yang patah tidak ketemu gigi roda gigi slah. Tapi... saya tidak merekomendasikan hal ini, mending pinion diganti yang baru, yang original kalau tidak salah harganya kisaran 180-an ribu rupiah.
Setelah dirasa posisi pinion pas di dudukaanya, pasang kembali cover belt tersebut, kemudian di baut kembali sampai kencang, dan jreng.... kick starter bisa berfungsi kembali, dan motorpun bisa hidup dan tunggu kira-kira pengisian aki cukup, kemudian saya matikan motor, lalu hidupkan dengan menggunakan elektrik starter... dan crek..crek... jreng..... motor beat hidup.....
Ternyata intinya... untuk motor matic kondisi aki dan kick starter harus sehat, agar aktifitas tidak terganggu gara-gara motor ngambeg. Karena biasanya kick starter kurang diperhatikan, padahal rawan sekali bermasalah, apalagi motor yang sudah berumur lebih dari 3 tahun, paling tidak tiap pagi harus di slah agar kalau ada debu yang menempel pada roda gigi kick starter bisa hilang.

No comments:

Post a Comment