Saturday 31 January 2015

Eror pada Yaesu FT2900

Yaesu FT2900 merupakan salah satu radio rig yang digemari oleh pengebrik, terutama yang hobi penthung-penthung alias balap, hal ini karena power radio rig ini bisa di adjust dengan mudah tanpa harus membuka cassing. tapi walaupun demikian hendaklah fasilitas ini digunakan dengan bijaksana. Power besar tanpa diimbangi dengan kualitas antena, kabel dan matchingnya juga percuma bisa-bisa nanti rumah kita dilempari tetangga gara-gara ngebriknya nyeplet di TV.

Kali ini saya tidak membahas kelebihan Yaesu, namun kelemahan yaesu FT2900 berdasarkan cerita teman-teman briker yang telah lama menggunakan radio ini. Ada seorang teman cerita kalo FT2900 miliknya kadang suka eror, kadang modulasi tiba-tiba mengecil, sering recievenya tiba-tiba melemah, yang lebih parah lagi tiba-tiba dial pindah sendiri ke 144.000 Mhz dan kalau sudah seperti ini radio tidak bisa mericieve dan transmit sama sekali. Sudah dicoba untuk reset default tapi ga ada hasil, tetap sering eror. Pernah di bawa ke bengkel, katanya yang bermasalah CPU nya, dan di bengkel tersebut juga ada 2 buah Yaesu FT2900 yang bernasib sama, CPU bermasalah.


Yaesu FT2900

Yang jadi pertanyaan, kenapa hal tersebut bisa terjadi?
Menurut saya, eror program sebenarnya hal biasa yang terjadi, hal ini sama dengan yang sering terjadi pada komputer. Tetapi program yang terdapat pada CPU radio komunikasi tidaklah serumit yang ada di CPU komputer, karena pada CPU radio komunikasi listing program tidaklah sepanjang yang ada di CPU komputer. Kalau dikomputer eror terjadi karena banyak faktor, bisa virus atau kerusakan fisik hardisk, tetapi pada CPU radio komunikasi kecil kemungkinan karena virus, yang paling memungkinkan adalah kerusakan fisik memori penyimpannya, atau komponen lain yang berhubungan dengan CPU radio tersebut. 

Penyebabnya... mungkin... ini hanya mengira-ira saja hlo.... berhubung Yaesu FT2900 dapat dengan mudah diadjust powernya, terkadang si pemakai terlalu sering atau terlalu tinggi menaiikan powernya tanpa diimbangi pendingin dan suplay daya dari PSA yang sesuai dengan power output radio tersebut, hal ini berimbas pada sistem yang ada pada CPUnya, karena komponen-komponen yang ada pada CPU biasanya sangat sensitiv terhadap tegangan/voltase, voltase harus stabil tidak boleh turun naik, tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Mungkin ada yang punya pengalaman lain?? syukur-syukur berbagi penyelesaian tentang kasus ini, sehingga teman-teman yang lain dapat memperbaiki eror pada Yaesu FT2900.

8 comments:

  1. Pengalaman saya memakai ft 2900

    ReplyDelete
  2. Saya up kan ke 100 watt untuk kode ff, tetap saja 50 watt, kira2 kenapa ya, permasalahannya

    ReplyDelete
  3. maaf numpang tanya... radio saya ft 2900. bermasalah di ptt. tidak konek meskipun di ganti kabel extramic nya. mohon solusinya

    ReplyDelete
  4. Semua tombol tidak bisa ditekan kenapa ya??
    Padahal sudah di reset ulang

    ReplyDelete
  5. Saya punya FT2900, masalah pada bar signal receive, hanya 2 bar saja yang menyala, sedangkan jika transmit bar signal mentok. Apakah ada cara buat settingnga?

    ReplyDelete
  6. Suara risiv sering mengecil sendiri ketikan di konsletkan dgn ground normal lagi lama ² kumat lagi

    ReplyDelete
  7. Ketika di high 75 watt lama2 turun ke 5 watt tp kl di low 1 2 3 normal stabil apakah finalnya yg bermasalah?

    ReplyDelete