Monday 7 January 2013

Ayo Ngebrik Tanpa Merokok

Bagi para briker yang perokok, ngebrik (berkomunikasi lewat frekwensi) tanpa asap rokok rasanya ada yang kurang, hla wong nongkrong klo ga sambil ngrokok aja rasanya kecut. Padahal kalau pas ngebrik biasanya ga terasa batang demi batang terhisap hingga satu bungkus rokok ludes hanya dalam hitungan beberapa jam, nyambung terus seperti sepur kluthuk jaman penjajahan dulu. Seperti itu yang terjadi pada para briker melewatkan malam bersama kawan-kawan ngebriknya.

Saya sendiri merasakan hal tersebut, dulu sewaktu belum ngebrik, satu bungkus rokok isi 12 biasanya 3 hari baru habis, namun sekarang setelah seneng ngebrik kadang 1 bungkus rokok isi 12 ludes dalam semalam. Efeknya, badan terasa lemas, pikiran ga fokus, hal ini mungkin karena kurang istirahat malam dan ditambah "nyepur" semaleman. 


Baru sadar, dan punya niat nih barangkali ada kawan yang ingin berhenti merokok, kita bareng-bareng saling mengingatkan. Kan asyik tuh ngebrik tanpa asap rokok, bangun pagi terasa enteng dan seger. Jadi ngebrik pun ga usah sambil merokok. Karena rokok dengan kandungan nikotin, tar dan karbon monoksida nya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, kasian kan tubuh kita udah kurang istirahat karena hobi ngebrik ditambah lagi kemasukan zat-zat berbahaya tersebut??. Perlu kita ketahui bahwa NIKOTIN adalah zat aditif yang dapat mempengaruhi syaraf dan peredaran darah, dan karena bersifat karsinogen sehingga mampu memicu terjadinya kangker paru-paru, kemudian TAR adalah hidrokarbon yang bersifat menempel di paru-paru dan KARBON MONOKSIDA adalah zat yang mengikat haemoglobin dalam darah sehingga darah tidak mampu mengikat oksigen, jadinya peredaran darah kita jadi terganggu donk.

Yuk kita coba mulai saat ini, klo dipikir-pikir dari pada uang untuk beli rokok mending ditabung, ya ga??

2 comments:

  1. Ganti dgn trimpot 20k aj mas Yg ada kode R saja jgn semua. Rasakan panjangnya hehe

    ReplyDelete