Friday 2 December 2011

BINTEK LPSE - E PROCURENMENT KAB MAGELANG

PENGANTAR DIKLAT
Drs. Gunadi, M.Par/Ketua LPSE Kab. Magelang

Bimbingan teknis Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik tanggal 1 Desember 2011 bertempat di Bina Karya Setda Kab. Magelang dimulai pukul 9.00 WIB dari rencana jam 8.00 WIB molor 1 jam.

Drs. Aris Dwi Prasetya. Tim Trainer  
untuk magelang alamat webnya : http://lpse.magelangkab.go.id

Keabsahan alat bukti disahkan undang-undang sehingga mempunyai kekuatan hukum yang sah antara lain:
  1. alamat email
  2. user id, password
16 tahap lelang dengan 1 file
LPSE sistem provider : memiliki organisasi tertentu dan mempunyai mengelola dan memelihara perangkat keras yang tidak terbatas pada perangkat jaringan dan server yang trelah terinstalasi sistem pengadaan seara elektronik
LPSE sistem provider berfungsi mengelola server yang trelah terinstalasi

kesimpulan:
  • LPSE kab magelang siap memfasilitasi pelaksanaan lelamng secara elektronik
  • semua pimpinan menghendaki pelkaksanaan pengadaan secara cepat tepat transparan dan akuntabel
  • mendorong SKPD yang pada awalnya ragu memanfaatkan LPSE
  • Penerapan LPSE meningkatkan aksesbilitas dalam pelayanan publik.
LPSE kab. Magelang
 
PRAKTEK MENGGUNAKAN APLIKASI LPSE



Untuk mempunyai login panitia harus mengirim biodata terlebih dahulu ke LPSE Kab. Magelang:

Peserta diklat diberi User Id dan Password:
Panitia6a userku dibintek LPSE
Password :123456
Tahun 2012 wajib menggunakan aplikasi e-proc, LPSE, wajib atau sebagian
Pagu anggaran 200juta keatas wajib menggunakan LPSE


Masuk ke lpse.magelangkab.go.id/latiha/app
Login non penyedia
Masukkan password dan user id
Klik tab Berita, misal pilih pengumuman pengadaan.. lalu buat/ketik di jendela yang trsedia

Setela selesai klik simpan dan upload untuk menyertakan berkas yang akan kita kirimkan, kemudian klik simpan.
Untuk mengetahui yang kita kirimkan sudah masuk atau belum, kita logout...dan masuk ke home website

Membuat pengumuman lelang sederhana, kembali ke home, login,
Pilih tab Lelang non eproc, tersedia form isian dan isikan data
Setelah terisi semua, simpan sebagai draft, preview untuk cek kesalahan ketik

Setelah betul....simpan dan terbitkan

Membuat daftar paket.
Kode anggaran = dpa anggaran

Isi dan simpan, dilanjutkan klik simpan dan membuat paket lelang
Buka tab Paket Baru, klik buat lelang... isikan form isian yang tersedia, jgn sampai terlewat, kemudian simpan ....
Detail kualifikasi dan Jadwal lelang harap diisi sebelum disimpan
Pada pakta integritas, tombol mengumumkan paket lelang hanya ketua yang berhak
Karena latihan, dan terbentur tanggal, untuk melanjutkan tekan F5,
Tekan Penjelasan Lelang : disitu kita tunggu ada pertanyaan atau sanggahan tidak, semacam chatinglah disitu.
Setelah beres kembali ke view lelang, apabila ada perubahan jadwal upload di adendum
Bikin folder di hardisk beri nama Pelatihan SPSE
Bikin folder lagi di dalam Pelatihan SPSE sebanyak 3 folder dan diberi nama Rekanan 1, Rekanan 2, Rekanan 3

Kembali ke home
Lihat special content
Apenda Panitia Versi 22, download dan jalankan.. user id lpselkpp password panitialpse
Login lagi website lpse
Pilih Pengadaan Netbook DPU dan ESDM Kab. Magelang -, dibawah muncul rekanan 1 sampai 3
kunci privat berguna untuk membuka file yang kita download yaitu Rekanan1.rhs memakai apliaksi apendo
Download berkas di Rekanan1 RHS di PT rekanan 1, simpan ke folder Rekanan 1, begitu sampai rekanan 2 dan 3

Bintek rencana berakhir jam 15.00 WIB, namun karena sesuatu hal, Tim dari ESDM pamit pada pukul 14.00WIB, tetapi yang jelas aplikasi LPSE mudah digunakan asal mengetahui seluk-beluk pelelangan dan familiar dengan internet. Dan karena untuk kedepan sistem pelelangan wajib menggunakan aplikasi ini diharapkan semua peserta Diklat untuk terus berlatih menggunakan aplikasi sehingga pada saat bekerja nanti sudah lancar.