Tuesday 18 May 2021

Hampir Kena Tipu, ini Modus Penipuan Mengatasnamakan Shopeepay

Di era digital ini memang membuat orang mudah melakukan berbagai hal, termasuk belanja online bahkan untuk memudahkan pembayaran sekarang ini sudah tersedia uang online. Tidak semua orang dengan cepat memahami sistem online ini, sehingga banyak dimanfaatkan orang-orang jahat untuk mengeruk keuntungan dengan melakukan tipu daya kepada orang lain, seperti yang hampir saya alami baru-baru ini, ceritanya begini:

Saya dapat telpon via Whatsup dari nomor yang tidak saya kenal dan nomornya tidak lazim buat kita yang tidak terbiasa berhubungan telpon luar negeri karena bukan kode area untuk Indonesia yaitu +1 (604) 998 4517 (area Amerika), kalau Indonesia kan +62. Dan berhubung penasaran saya angkat telpon tersebut, dan siap-siap pake bahasa Inggris (wkwkwk pdhl raiso) tapi ternyata si penelpon dengan ramah menyapa :

Penipu :" halo selamat pagi assalamualaikum" (dalam batin hlo koq bahasa Indonesia?) "saya dari Shopee ingin mengabarkan bahwa Anda mendapatkan reward shopeepay sebesar Rp. 1 juta, dan akan langsung kami kirim ke Anda, dan Anda bisa pilih mau dalam bentuk tunai transfer uang atau bentuk koin shopeepay" 

saya : "kirim ke shopeepay aja, tapi itu bisa langsung untuk belanja kan?" 

Penipu: "bisa kak, tapi sebelumnya cek dulu ada berapa reward yang ada di shoppe anda agar bisa dilihat perubahannya (penipu berusaha ngecek uang kita di shoppepay ada berapa, kalau jutaan mungkin penipu akan agresif mengelabuhi kita) dan nantin akan saya kirimkan kode yang berisi Kode OTP ke nomor Anda, jangan ditutup telponnya kak" 

Saya : "reward ada 144 mas" (dijawab penipu spt sambil tersenyum, mungkin karena jumlahnya dikit hahaha)

tak berselang lama kemudian :

Penipu: "sekarang anda bisa cek SMS dari kami, terus kirimkan kode OTP ke kami untuk pengaktifan reward ke shopeepay anda"

Saya: "hlo kode OTP itu kan rahasia? dan tidak boleh di bagikan ke orang lain?

Penipu: "iya memang tidak boleh dibagikan ke orang lain, tetapi kami dari shopee yang membutuhkan"

saya diam dan tidak saya jawab, dalam hati kode OTP itu kan sifatnya rahasia? trus ke inget waktu menggunakan shopeepay/spylater untuk belanja pas transaksi kita harus memasukkan Kode OTP yang dikirim oleh shopee, waah ini sepertinya tidak beres, saya pun mencari informasi hadiah shopee lewat google dan merujuk pada situs resmi shopee.co.id disana tidak ada nama akun saya dapat hadiah. 

si Penipu masih halo...halo... kemudian telpon diputus, tetapi dial kembali dan tidak saya angkat, kemudian kirim message whatsup seperti dibawah ini:



balasanku yg terakhir tidak dibuka, pertanda nomor sudah tidak diaktifkan lagi

penipu menggunakan foto profil ini

saya penasaran kode telpon yang dipakai yang ternyata setelah saya telusuri itu kode area negara Amerika, tetapi mungkin itu hanya fake dan pelakunya ada di Indonesia agar nomor aslinya tidak terlacak, entah caranya gimana saya tidak tahu .
Dan ternyata.. sudah ada kasus serupa dengan modus yang sama baca disini, dan alhamdulillah saya bersyukur tidak jadi korban penipuan, walau awalnya cukup gembira mendapatkan hadiah, dalam benak bisa belanja lagi nih..., tetapi dalam menanggapi si penelpon tetap tenang dan berusaha mencari informasi kebenaran hadiah tersebut melalui situs resmi, apalagi penelpon meminta DATA OTP yang setau saya adalah data rahasia. Jadi intinya begini:
  1. kalau anda suka belanja online, walau ribet usahakan bayar lewat gerai-gerai yang ditunjuk oleh aplikasi belanja online karena resiko kebobolan lebih kecil.
  2. Kalaupun harus memakai "shopeepay" saldo diusahakan jangan terlalu banyak, kalaupun harus ketipu tidak banyak uang kita.
  3. JANGAN PERNAH MEMBAGIKAN KODE OTP KEPADA SIAPAPUN, karena Pemilik Aplikasi TIDAK PERNAH MEMINTA KODE OTP (logika bodohnya adalah pemilik aplikasi kan yang buat kode,kenapa harus minta kepada member? ) 
  4. Jangan pernah tergiur dan terlalu bahagia ketika anda mendapat telpon dari orang yang tidak dikenal mengabarkan kalau anda mendapatkan hadiah, karena akan dapat kehilangan akal sehat.
  5. Tetap tenang walau hati gembira dapat hadiah, pahami apa yang diperintahkan si penelpon, ingat kalau perbincangan sudah menyangkut Kode2, PIN atau OTP harus hati-hati, apalagi disuruh kirim kode tersebut, sudah jelas itu penipuan. TITIK, rausah ngeyel karena pemilik aplikasi tidak pernah akan meminta KODE OTP melalui telpon/SMS/WA dsb. Mending anda siap-siap ngerjain si Penelpon.

screenshot dari Aplikasi Shopee



1 comment:

  1. mas kalau mau daftar rapi kabupaten magelang kemana nggih

    ReplyDelete