Tuesday 11 July 2017

Memperbaiki Vandroid X7+ Bootloop

Beberapa hari yang lalu tablet Vandroid X7+ anak saya hank dan tidak bisa masuk system operasi android, kalau dihidupkan hanya berhenti di logo Vandroid. Namanya juga anak-anak, kalau ada game yang menarik maunya download terus, ga peduli tabletnya mampu atau tidak, memory cukup atau tidak yang pada akhirnya tabletnya bootloop.
Saya sendiri masih buta terhadap system operasi android, padahal anak saya merengek agar tablet segera diperbaiki. Sudah sifat saya yang sering berpedoman "orang lain bisa, sayapun harus bisa". Browsing mbah google akhirnya tau deh cara nya, walaupun satu dua kali tidak gagal. Berikut hasil saya mencoba memperbaiki vandroid X7+:

1.  Matikan tablet, karena tidak bisa masuk system, maka cara mematikannya adalah dengan menekan tombol power agak lama sampai tablet mati.

2.  hidupkan tablet dengan menekan volume- dan power, ini juga agak lama hingga tablet hidup sampai muncul menu. Yang membuat sedikit bingung adalah muncul menu factory mode, wong kata mbah google untuk reset pabrik harus nemu Android system recovery
tampilan Factory Mode (kalau di Vandroid X7+ textnya berwarna merah, ini gambar contoh saja dari tablet lain)
 3.  saya matikan lagi tablet, kemudian hidupkan lagi dengan menekan tombol volume+ dan power, akhirnya muncul menu Android system recovery , seneng akhirnya, pilih wipe data/factory reset kemudian tekan power (enter)

kemudian akan muncul dan pilih Yes -- delete all user data

letakkan tablet dan tunggu sampai tablet selesai proses, sekitar 5 menitan akhirnya tablet normal seperti sedia kala.

Proses coba mencoba sebenarnya tidak sesingkat tulisan diatas, karena hampir sehari semalam lho...suer... ternyata untuk memunculkan menu reset (pengalaman saya) butuh mematikan dan menghidupkan tablet berkali-kali, mungkin karena kartu memory tidak terpasang dengan benar sehingga tidak terbaca atau bagaimana saya tidak tau, karena terakhir bisa muncul menu tersebut saya otak-atik posisi kartu memorynya.

oke lah yang terpenting tablet anak saya sudah normal dan bisa digunakan kembali tanpa dibawa ke tukang service, lumayanlah.

No comments:

Post a Comment