Wednesday 2 November 2016

Mancing yuk di Sungai Progo

Siapa sih yang tidak tau sungai Progo? bagi anda yang berdomisili di Jawa Tengah dan Yogyakarta tentu sangat kenal dengan sungai ini. Sungai Progo mempunyai hulu di Gunung Sindoro yang terletak di Kabupaten Wonosobo melintasi Kabupaten Magelang kemudian masuk ke Wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sunga Progo dikategorikan sungai besar karena mempunyai subdas yang banyak, di Kabupaten Magelang subdas Progo antara lain Sungai Pabelan, Sungai Putih, Sungai Blongkeng, Sungai Krasak dan Sungai Elo. Diantara muara subdas tersebut terdapat tempat yang asyik banget untuk kegiatan memancing, yaitu muara sungai Pabelan yang masuk wilayah Dusun Kragilan Desa Progowati Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah Indonesia atau di koordinat 7o 37’ 42,1” S  110o 14’ 14,8” E.

 
Sungai Progo dilihat dari muara Sungai Pabelan
Hampir tiap hari dari jam 8 pagi hingga menjelang petang banyak pemancing datang ke tempat ini baik yang disisi kanan sungai maupun di kiri sungai. Lokasi ini cukup rimbun dan membuat orang betah berlama-lama menikmati aliran sungai Progo yang cukup tenang, dan dari kejauhan terdengar riak air sungai tanpa henti sehingga seperti backsound musik. Pertemuan sungai Pabelan dan Progo membentuk bendung alami, hal ini akibat sedimentasi yang berasal dari Sungai Pabelan akibat aliran lahar dingin, ribuan meter kubik batuan berukuran besar terhenti melintang di sunga progo hingga membentuk bendung alam yang tertata rapi.

 
Bendung alam di pertemuan Sungai Pabelan dan Sungai Progo

 Andai saja di lokasi ini di bangun warung-warung atau gubug-gubug dan jalan menuju lokasi di bangun, dibuatkan zona parkir, mungkin akan menjadi wisata alternatif disamping memanjakan bagi penghobi pancing-memancing. 


aliran yang tenang sangat menggoda

 Potensi wisata dapat dikembangkan baik di kanan sungai maupun di kiri sungai, apalagi lokasi ini tidak jauh dari Wisata Candi Borobudur.


salah satu penghobi mancing



2 comments:

  1. bagus nih kulon progo jadi good option selain wisata alam bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul om... potensi wisata sebaiknya dikembangkan sendiri, baru nanti minta bantuan pemerintah

      Delete