Sunday 14 June 2015

Memperbaiki Sendiri Pompa Air SHIMIZU

Pompa air anda tiba-tiba ngadat? Jangan panik dulu, jangan buru-buru dibawa ke tukang servis karena memperbaiki pompa air tidaklah terlalu sulit, dengan catatan kerusakan bukan spul nya. Seperti yang saya alami belum lama ini.
Pompa air punya saya bermerk shimizu, ciri kerusakannya beberapa kali mati, tiap saya aliri strum hanya berdengung lirih, dulu pertama mengalami kejadian ini pompa hanya saya bersihkan bagian as kipas, saya kasih pelumas pompa hidup lagi, trus beberapa minggu kemudian pompa mati lagi dan perbaikan sama dengan yang pertama, beberapa minggu kemudian mati lagi, cuma dengungan kipas tidak berputar, saya coba berrsih2kan tetap tidak mau hidup. Akhirnya saya beranikan buka, hehehe otodidak saja, pokoknya yang ada bautnya saya buka.
Bagian yang saya buka adalah penutup kapasitor, persis dibawah tabung jet

Ternyata saya temukan benda berbentuk bulat hitam bertuliskan SHIMIZU MOTOR RUNNING dalam keadaan retak pecah, waah pasti benda ini yang bikin pompa air jadi ngadat.


kapasitor running pompa air yang rusak


Saya beli kapasitor ini di toko yang menyediakan pompa air dengan harga 35 ribu, kemudian saya pasang, sambungkan kabel2nya lalu saya coba aliri strum dan...  pompa hidup normal, air mengalir lagi, duh senangnya melihat bak mandi penuh kembali.



No comments:

Post a Comment