Thursday 13 February 2014

Emas Hitam Merapi

Pasir Merapi atau sering disebut Emas Hitam Merapi merupakan material bahan galian non logam berasal dari Gunung Merapi. Material ini banyak dibutuhkan untuk keperluan bahan bangunan dan untuk Jawa Tengah merupakan pasir terbaik sebagai bahan bangunan. Tak kurang dari 800 armada truk tiap hari mengambil pasir Merapi baik ada ijin maupun tidak ada ijin penambangan.
Sampai dengan saat ini penambangan pasir Merapi tepatnya di wilayah Kabupaten Magelang rata-rata sudah naik di zona transportasi (istilah zona aliran lahar dingin di sungai yang berhulu di Gunung Merapi), karena di zona hilir material pasir sudah habis. Hal ini berarti penambangan di Merapi sudah kembali seperti sebelum pasca erupsi Merapi. Sungai-sungai yang marak penambangan adalah Sungai Pabelan, Sungai Senowo, Sungai Lamat, Sungai Putih, dan Sungai Bebeng, disamping juga areal persawahan milik warga seperti di Desa Keningar Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Salah satu aktivitas tambang di sungai Senowo Kecamatan Dukun, penambangan membabat tebing sisi timur menggunakan alat berat.
 Gambar diatas membuat kita prihatin dengan aktivitas penambangan yang kurang memperhatikan lingkungan, alat berat di tebing tersebut "nglangsir" material pasir dari tebing ke sungai, alat berat akan turun ke sungai jika jumlah langsiran pasir sudah menumpuk di bawah kemudian dimasukan ke truk pengangkut, dan setelah tumpukan pasir di sungai habis alat berat akan naik lagi ke tebing untuk mengeruk tebing lagi. 





No comments:

Post a Comment