Tuesday 23 October 2012

Merecord modulasi lawan bicara menggunakan Kenwood TM-231a

 Penasaran radio rig merk Kenwood TM-231a milik teman kemudian menanyakan ke mbah Google tentang review dan manual booknya, ternyata... apa yang selama ini aku cari tentang perekaman modulasi lawan bicara langsung dari pesawat radio komunikasi terjawab sudah, hehe tapi aku baru membaca manual booknya seeeeh....blum mencoba hihihi...
Kenwood TM-231A


Begini... buka aja manual booknya di halaman 31 disitu tertera judul Digital Recording System atau klo di pesawat radio TM-231a disingkat DRS. Pada pesawat radio DRS Mode digunakan untuk merekam(recording) dan memutar ulang (playback). Dalam buku manual recording dapat dilakukan untuk merekamn sinyal recieve yang masuk ke radio dengan cara:
Pilih frekwensi yang diinginkan untuk di rekam

pilih dan tekan DRS untuk mengaktifkan mode DRS
pilih VFO untuk memulai rekaman
Rekaman akan berhenti jika indikator menunjukkan angka "0", dan jika masih ingin merekam putar Tunning hingga menunjukkan angka selanjutnya atau 2 lalu tekan VFO
Begitulah kira-kira proses rekam modulasi lawan bicara langsung dari radio komunikasi rig Kenwood TM-231a. Aku sih belum mencobanya, cuman baca-baca manual booknya, tapi perlu dicoba tuh...., Oiya masih satu lagi untuk merekam modulasi sendiri perhatikan gambar dibawah:
prinsipnya sama, yaitu tetap memakai DRS mode, hanya untuk memulai merekam tekan MR tetapi sebelumnya posisi PTT harus ditekan terlebih dulu.

Selamat mencoba deh.... klo berhasil kasih kabar yaw.....

No comments:

Post a Comment