Friday 15 July 2011

EXPEDISI SUROLOYO

  
dari kiri: Aan, Bagor, Vega, Pongky. posisi duduk: Prayit dan Gundul 

Suroloyo.. termasuk dalam deretan pegunungan menoreh, memanjang dari wilayah Magelang Jawa Tengah hingga Kulonprogo DIY. Dari ketinggian Suroloyo ini kita dapat melihat wilayah Yogyakarta hingga pantai selatan, juga dapat melihat panorama indah wilayah Magelang dengan candi borobudurnya. Di pegunungan ini banyak terdapat tower-tower stasiun relay radio amatir, karena dengan ketinggian pancaran frekwensi menjadi jauh, memakai HT yang hanya antena standard bisa menjangkau sampai Banjarnegara dengan sinyal yang penuh.
gambar-gambar yang di halaman ini adalah kegiatan dari Organisasi Pengurangan Resiko Bencana (OPRB) Desa Jumoyo Kecamatan Salam Kabupaten Magelang Prop. Jawa Tengah yang juga mempunyai stasiun relay (RPU) di pegunungan ini. Tim Expedisi yang beranggotakan 6 orang ditambah 2 orang pendamping yaitu Bang Mamat (RAPI Borobudur) dan Yusuf (warga setempat) melakukan pencarian lokasi yang tepat untuk mendirikan RPU (RPU sudah terpasang namun demi sempurnyanya pancaran masih mencari yang lebih rexonan) 


Tim berangkat dari titik kumpul Jumoyo jam 9.00 WIB memilih rute Jalan Raya Yogya - Magelang - jalan Pendem - Jembatan Gebayan (Sirahan) - Blongkeng - Jalan Wates - Jalan ke Suroloyo, menempuh jarak + 40 km kurang lebih 1,5 jam sampai di lokasi. Sepanjang perjalanan menyusuri pegunungan Suroloyo menyuguhkan pemandangan yang indah, sambil melihat perkampungan yang bertebaran di bawah sana, kelihatan menghijau hutan-hutan alami, dan tampak membiru kota-kota di Wilayah Yogyakarta.



Video dibawah nampak tim menuruni Bukit Kendil, salah satu puncak di pegunungan Suroloyo yang terbiasa dikunjungi wisatawan untuk sekedar melihat pemandangan dari puncak bukit.


 Sayang daerah ini belum dikelola dengan baik sebagai daerah tujuan wisata, padahal kalau dikelola dengan baik daerah ini ramai dikunjungi wisatawan, karena indahnya pemandangan SUROLOYO

No comments:

Post a Comment