Sunday 3 April 2016

Cara Pasang Kabel Busi Suzuki Amenity

Belajar dari pengalaman memang tidak ada ruginya, walau harus bergelut dengan waktu, kadang kepala sampai pening karena belajarnya hanya otodidak. Seperti saya yang sebenarnya masih sangat awam pengetahuan tentang mesin, tetapi karena rasa ingin tahu dan berfalsafah "orang lain bisa, saya juga harus bisa" maka jurus nekatpun sering saya pakai.

Pada posting sebelumnya, saya menceritakan pengalaman ketika CDI Suzuki Amenityku mati hingga saya bongkar sendiri sampai akhirnya mobil bisa hidup lagi. Postingan kali ini sebenarnya bisa dijadikan satu dengan posting sebelumnya, tetapi karena beda cerita maka saya ceritakan pada posting terpisah,

Sebelum mobil amenityku yang pada akhirnya bisa hidup lagi, ada cerita bagaimana proses yang sampai memakan waktu 3 (tiga) hari... hahahahahaha, ini karena saya harus mencharger aki yang tekor. Saya beli Charger Accu rakitan seharga Rp. 200.000,- , trus setelah penuh saya pasang di mobil, kabel-kabel saya sambungkan. Nah sewaktu memasang kabel busi yang berjumlah 4 buah, saya tidak memperhatikan urutan kabel tersebut, hingga ketika saya starter... ternyata mesin tidak mau hidup. Kemudian kabel saya tuker posisinya... lalu starter lagi, mesin bisa nyala tetapi suaranya seperti suara motor ninja 250 cc. Saya coba pegang manifold, ternyata hanya dua yang anget, kemudian saya tuker lagi posisi kabel tersebut (yang manifoldnya dingin) lalu starter... dan ... jreng..... mesin nyala normal, tidak pincang tidak mbrebet.

Kira-kira posisi urutan kabel busi dari Delco seperti gambar dibawah ini:

Urutan kabel busi ke Delco

sekian, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment