Thursday 8 September 2016

Cara Mengatasi Baterai Li-ion Yang Tidak Mau Charger

Beberapa hari yang lalu saya meminjam HT merk Icom Ic-V85 untuk dipakai komunikasi pada pengukuran lahan, karena lokasi yang berbukit-bukit maka memang diperlukan HT. Menggunakan HT ini baru pertama kali, maklum biasanya pake HT yang berusia tua. 
Ic-V85 ini bentuknya kompak, pas dalam genggaman dan ringan, pancaran bagus, recieve standart saja, cuman sayangnya layarnya kecil hal ini membuat textnya juga kecil, bahkan untuk kode sinyal dan kode lainnya sangat kecil hingga sepintas sulit terlihat, yang lebih disayangkan adalah tampilan baterai ternyata tidak ada.

layar kecil (gambar diambil dari http://icomamerica.com/en/products/amateur/handheld/v85/specifications.aspx )

HT saya pergunakan seharian, untuk komunikasi dan standby, hingga sore menjelang pulang dari kerja HT saya matikan. Sampai dirumah iseng-iseng coba saya hidupkan sekalian untuk cek kondisi HT sebelum saya kembalikan ke pemiliknya, saya kaget dan heran, HT tidak mau hidup. Waduh.... keringetan tubuhku trus ku ingat-ingat lagi sepertinya tidak ada yang salah selama saya pakai. Saya cek sana-sini, dari copot baterai hingga coba charger selama beberapa jam, tetap tidak mau hidup. 

Baterai icom ic v85 nampak dari belakang, yang di beri tanda panah tempat saya menempelkan kabel dari adaptor

Iseng-iseng saya charger langsung ke baterainya (baterai dilepas dari HT) dengan menggunakan Adaptor 3 ampere dengan 7,5 volt (maksimal output baterai yaitu 7,2volt), caranya dengan menempelkan kabel output dari adaptor ke baterai plus dapat plus, minus dapat minus, ini saya lakukan sekitar 5 menit, kemudian saya lepas dan pasang kembali baterai ke HT, saya tekan tombol power dan... tululit... HT hidup kembali... horrreeee... senangnya hatiku.... legaaa... akhirnya ora sido ngijoli HT, hargane muahal. Setelah itu HT di charger selama 2 jam menggunakan charger bawaan HT, kemudian di cek-cek lagi, dimatikan dihidupkan, di pakai ngebrik beberapa saat dan tidak drop yang artinya sudah normal kembali. eiit... segera di kembalikan ke pemiliknya.. takut kehabisan tegangan baterai karena tidak akan tau kapan baterai habis.

Kalau menurut saya, HT ini bagus, power besar 7 watt, baterai tahan lama untuk standby, bentuk kompak enak di genggam, speaker midle treble, suara kita waktu transmit bagus khas icom namun sayangnya indikator baterai tidak tampil di layar.

No comments:

Post a Comment